PEREKONOMIAN KEC. PARAKAN

1. PDRB Kecamatan Parakan

Sektor yang mendominasi perekonomian di Kecamatan Parakan adalah sektor industri pengolahan, sektor perdagangan, hotel, dan restoran, sektor jasa-jasa, dan sektor pertanian. 

            Grafik PDRB Kecamatan Parakan Atas 
Dasar Harga Konstan 2000 Tahun 2011 (Juta Rupiah)
Sumber: BPS Kabupaten Temanggung, 2011
 







2. Sektor Ekonomi Kecamatan Parakan
2.1  Sektor Industri
 













Diagram Banyaknya Unit Usaha Menurut Jenisnya                                        Industri Kayu Lapis di Desa Caturanom
                      Kec. Parakan Tahun 2012   

Sumber: BPS Kab. Temanggung, 2013                                                                                Sumber: Dokumentasi Kelompok 5A, 2014                                               

Jenis industri yang mendominasi di Kecamatan Parakan adalah berupa industri kecil (home industry). Mayoritas industri-industri kecil dikelola oleh keluarga sehingga industri tersebut berlangsung secara terus-menerus (turun-temurun). Kecamatan Parakan mempunyai beberapa industri besar yang semuanya berupa industri kayu lapis, adanya industri kayu lapis di Kecamatan Parakan dikarenakan Kecamatan Parakan memiliki letak yang strategis yaitu dilalui oleh tiga jalur arteri yang menghubungkan Kab. Semarang dengan Magelang. 

2.2  Sektor Perdagangan dan Jasa
                      

                                                                           Pasar Darurat di Kecamatan Parakan                           
Sumber: Dokumentasi Kelompok 5A, 2014                                                                
Kecamatan Parakan merupakan pusat perdagangan hasil pertanian dari kecamatan-kecamatan lain di sekitar Kecamatan Parakan. Di Kecamatan Parakan terdapat Pasar Legi yang telah beroperasi sejak tahun 1925 dan pertokoan di sepanjang jalan arteri. Selain itu, Kecamatan Parakan merupakan pusat tengkulak, pedagang, dan grader. Banyak petani dari kecamatan lain yang menjual hasil pertaniannya di Kecamatan Parakan. Tingginya transaksi di Kecamatan Parakan memberikan pengaruh terhadap banyaknya jumlah sarana perdagangan dan niaga seperti pertokoan, lembaga keuangan atau bank.

2.3 Sektor Pertanian
2.3.1 Tembakau
Jumlah produksi tembakau dari tahun 2010 hingga tahun 2012 terus mengalami peningkatan. Namun, komoditas tembakau berpotensi mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan cuaca yang mempengaruhi kualitas daun tembakau. Kualitas tembakau di Kecamatan Parakan tidak lebih baik dibandingkan dengan kecamatan-kecamatan lain seperti Kecamatan Kledung dan Kecamatan Bansari. Tanaman tembakau membutuhkan iklim yang dingin dan kering, sementara di Kecamatan Parakan memiliki iklim yang tidak terlalu dingin.





Grafik Produksi Tembakau Kecamatan Parakan
                        Tahun 2010-2012
Sumber: BPS Kabupaten Temanggung, 2013

2.3.2 Padi dan Palawija
Tanaman padi merupakan komoditas yang mendominasi produksi pertanian di Kecamatan Parakan. Hal ini disebabkan oleh kondisi fisik Kecamatan Parakan yang memiliki topografi datar sehingga cocok untuk produksi padi. 




 
 Diagram Jumlah Produksi Tanaman Padi dan
              Palawija Tahun 2010-2012 (Kw)
Sumber: BPS Kabupaten Temanggung, 2013

2.3.3 Sayuran
Tanaman kobis memiliki jumlah produksi paling banyak di antara komoditas sayuran yang lain. Hal ini disebabkan oleh masyarakat yang lebih memilih menanam kobis dibandingkan dengan tanaman lain.






 Diagram Jumlah Produksi Tanaman Sayuran
            Palawija Tahun 2010-2012 (Kw)
Sumber: BPS Kabupaten Temanggung, 2013

2.3.4 Perikanan
Dalam rencana tata ruang wilayah, Kecamatan Parakan termasuk dalam kawasan minapolitan. Namun, kebijakan tersebut belum sepenuhnya terlaksana. Sebagian besar ikan yang dijual di Pasar Ikan di Kecamatan Parakan berasal dari Sragen dan Sukorejo. Kecamatan Parakan belum bisa memenuhi kebutuhan ikan masyarakat di Kecamatan Parakan.






 Diagram Hasil Produksi Ikan Kolam Menurut
Jenis Ikan Kec. Parakan Tahun 2010-2012 (Kw)
Sumber: BPS Kabupaten Temanggung, 2013

2.3.5 Peternakan
                                            

              Pasar Darurat di Kecamatan Parakan                             Diagram Jumlah Produksi Telur Menurut Jenis
                                                                                                                    Ternak Kec. Parakan Tahun 2010-2012 (Butir)                     Sumber: Dokumentasi Kelompok 5A, 2014                                  Sumber: Dokumentasi Kelompok 5A, 2014  
 
Kegiatan pertanian di Kecamatan Parakan juga didukung oleh peternakan. Terdapat tiga jenis peternakan di Kecamatan Parakan, yaitu peternakan sapi, kambing, dan ayam.

Powered by Blogger.